10 Cara Jitu Menghilangkan Susah Tidur

Insomnia menurut Wikipedia adalah suuatu gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Padahal, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai hal yang menggangu aktivitas di kemudian hari, seperti sangat sulit untuk berkonsentrasi hilangnya mood, kurang bersemangat , dan emosi yang sulit di kendalikan. Gangguan susah tidur ini biasa disebut dengan insomnia seperti yang saya sudah jelaskan di atas insomnia adalah gangguan atau gejala kelaianan tidur, berupa sulit untuk tidur dan tidur kurang dari 6,5 jam.

Penyebab Tidak Bisa Tidur

Pada dasarnya penyebab tidak bisa tidur atau insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal dan berbagai hal tapi ada cara jitu mengatasi susah tidur atau insomnia tersebut. Beberapa penyebab insomnia antara lain Parkirson, sesak nafas, flu, hipertiroid, hipoiroid, batuk, gangguan fungsi hepar, gangguan fungsi ginjal dan masih banyak yang lainya.

Cara Mengatasi insomnia

Ada cara jitu mengatasi susah tidur atau agar Anda cara cepat tidur, akan lebih efektif apabila penyebab insomnia diatas terlebih dahulu. Menurut WHO , ada 9 aturan tidur yang sehat.

  1. Berbaring di tempat ketika Anda benar-benar akan tidur. Tetapi usakakan pada waktu yang sama ketika Anda tidur.
  2. Jangan menggunakan ranjang untuk ativitas lain untuk tidur. Aktivitas lain seperti membaca, nonton TV, makan, telepon.
  3. Pasang alarm untuk bangun pada waktu yang tepat atau yang sama pada saat Anda bangun sebelumnya.
  4. Jangan meminum alkohol beberapa jam sebelum waktu sebelum waktu tidur. Alkohol dapat membuat Anda gelisah.
  5. Jangan mengonsumsi kafein atau obat mengandung kafein pada beberapa jam sebelum waktu tidur. Karena kafein sebagai stimulan dapat yang dapat meningkat denyut nadi sehingga tubuh dapat terjaga sepanjang malam.
  6. Jangan merokok beberapa jam sebelum tidur. Karena rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat karena berefek sebagai neurostimulan.
  7. Olahraga pada sore hari enam jam sebelum Anda tidur, latihan peregangan otot atau berjalan- jalan selama 30 menit. Hal ini akan meningkatkan metabolism dan suhu badan, lalu akan menurunkan sekitar enam jam kemudian yang berefek pada tidur yang kurang nyenyak.
  8. Sediakan waktu transisi untuk tidur dengan mengurangi tingkat aktivitas  sebelum tidur, hilangkan rasa cemas akan perkerjaan akan perkerjaan yang belum selesai, hari esok dan pikiran lainnya.
  9. Membersihkan diri sebelumnya, memastikan pintu telah terkunci dengan rapat, dan mengusaikan pencayaan lampu, supaya merasa aman dan aman pada saat anda tidur.


Demikian Pembahasan Apa Suka Terganggu Dengan insomnia ! 10 Cara Jitu Menghilangkan Susah Tidur, semoga bermnfaat ya.

Click to comment